Senin, 18 Oktober 2010

Book Week Hari Ke-1 - 3

Kegiatan tahunan di SD Al Bayan ini diberi nama Book Week, minggu buku. Kegiatan yang bertujuan memupuk minat baca dan kecintaan mereka terhadap buku ini berlangsung selama 4 hari mulai hari Senin-Kamis, 18-21 Oktober 2010. Acara ini dibedakan menjadi 2 bagian yaitu untuk level rendah kelas 1- 3 dan untuk level tinggi kelas 4 -6. Tahun ini kami panitia mengangkat tema “Mencintai Buku Lewat Dongeng”.
Diawali dengan kegiatan donasi buku, yaitu menyumbangkan berbagai buku yang telah ditentukan  panitia. Jadi tema donasi yang disumbangkan pada setiap level mulai dari level 1 sampai dengan level 6 berbeda-beda. Dan Alhamdulillah siswa-siswi terlihat sangat antusias serta bersemangat menyerahkan donasi mereka. 

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan membaca di pagi hari. Kegiatan ini kami namakan Morning Reading. Ditandai dengan bunyi bel sebanyak 4 kali siswa-siswi mulai membaca buku mereka sendiri maupun buku temannya. Dari membaca inilah mereka saling bercerita dan tukar informasi tentang isi buku. Ada yang kami tunjuk maju ke depan kelas untuk bercerita. Namun tidak semua mendapat giliran karena waktu untuk kegiatan ini telah habis.
Suasana Morning Reading
Seiring dengan teriknya mentari, kegiatan berlanjut pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Yach....kegiatan ini tidak boleh ditinggalkan walau terdapat beberapa acara eksplorasi siswa. Untuk kelasku sendiri hari ini ada pelajaran Tahsin/Tahfidz, Bahasa Indonesia, TIK serta PKn.

Menjelang siang pukul 10.30 WIB anak- anak telah siap dengan teks puisi mereka. Wow....aku hampir lupa. Pada jam ini khan mereka ada lomba puisi. Mekanisme lombanya adalah setiap kelas mengirimkan 5 utusan. Karena pada setiap level ada 3 kelas, maka jumlah peserta untuk level rendah sebanyak 45 siswa dan level tinggi juga 45 siswa. Dari masing-masing level akan kami ambil juara 1, 2, dan 3. Wah....persaingan yang cukup ketat saya rasa. Dari kegiatan ini kami mengajarkan sportifitas selain keberanian tentunya. 

I'tibar:
“Segala hal memerlukan perjuangan dan kreatifitas tinggi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar